Gunung Inere

Gunung Inerie Terletak di Bajawa, ibukota Kabupaten Ngada, Pulau Flores dan pernah meletus di tahun 1882 dan 1970. Gunung ini memiliki ketinggian 2.245 m di atas permukaan laut.

Gunung InerieDari atas puncak gunung, tampak pemandangan kota Bajawa di barat laut ,Pemandangan Kota Bajawa , dengan kabut tipis di atasnya, tampak seperti kota-kota kecil dan tua di Eropa . sedangkan dibagian selatan, tampak birunya Laut Sawu yang menempel dengan kaki Gunung Inerie.
Di sisi selatan puncak gunung terdapat sebuah batu besar yang diyakini masyarakat setempat sebagai penjelmaan dari sosok Jaramasi dan kuda tunggangannya.
Jaramasi adalah seorang ksatria penjaga Gunung Inerie. Nama Jaramasi diambil dari kata ‘jara’ artinya kuda dan ‘masi’ yang mengacu ke nama orang (laki-laki).
Gunung InerieBagian gunung yang berhutan lebat hanya terdapat di sebelah barat lereng gunung. Sedangkan hutan di lereng bagian selatan telah dikonversi menjadi daerah perkebunan. Sebagian besar hutan yang terdapat di dalam kawasan ini terletak pada ketinggian 1.000-1.500 meter dari permukaan laut.
Gunung ini ramai didaki ketika musim kemarau, yakni antara bulan Juni hingga Agustus
Gunung Inerie
































Dari Kupang, ibukota Propinsi NTT, wisatawan dapat naik pesawat menuju Ende, sebuah kota di Pulau Flores. Setiba di sana, perjalanan dilanjutkan menuju Kota Bajawa yang berjarak sekitar 61 kilometer. Kemudian wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan angkutan sewaan menuju desa wisata, Bena, yang terletak 15 km sebelah selatan Bajawa. Inilah desa terakhir sebelum menuju puncak Gunung Inerie.
Di desa wisata Bena yang menjadi pintu gerbang menuju ke arah puncak Gunung Inerie, terdapat tempat penginapan seperti losmen dan warung makan




Sumber : http://wisatanusatenggara.wordpress.com/wisata-nusa-tenggara-timur/gunung-inere/
Share on Google Plus

About Noemplas