Pesona Wisata di Pulau Flores

Flores merupakan sebuah pulau yang berada di Indonesia bagian timur, tepatnya di areal Nusa Tenggara Timur. Berbagai hal menarik dapat ditemukan di pulau Flores sehingga pulau ini terkenal dengan berbagai potensi wisata di bidang rohani, budaya, alam, bahari serta wisata kemasyarakatan. Pesona wisata ini membuat pulau Flores juga menjadi primadona turis baik itu turis asing ataupun domestik.
Salah satu pesona wisata di pulau Flores adalah danau Kelimutu. Danau ini juga dikenal dengan danau tiga warna, karena memiliki warna air yang berbeda dan berubah-ubah setiap tahunnya. Air-air ini memenuhi tiga kubangan yang berada di puncak gunung Kelimutu dan terpisahkan oleh dinding batu yang rapuh. Area sekitar danau ini juga memiliki sejumlah pesona wisata yang berupa variasi flora berupa bunga Abadi, cemara ataupun kesambi.
Pesona wisata pulau Flores selanjutnya adalah Taman Nasional Komodo yang lokasinya di pulau barat Flores. Tempat wisata ini merupakan salah satu keajaiban dunia yang menyimpan ribuan spesies komodo yang sudah hampir punah di Indonesia. Pulau Komodo terletak di kabupaten Manggarai Barat.
Wisata rohani yang dapat ditemukan di pulau Flores adalah Semana Santa. Ini merupakan salah satu ritual suci pada saat hari raya Jumat Agung. Menjelang hari raya Paskah, umat Katolik akan berkumpul di kota Larantuka dan melaksanakan ritual ziarah. Pada saat ini juga Larantuka seakan-akan menjadi kota bisu karena para peziarah melaksanakan ritual dalam diam.
Pulau Flores juga masih memiliki kampung Megalitik Batu. Kampung ini terletak di Bena, sebuah perkampungan tradisional yang berada di kabupaten Ngada. Terdapat berbagai bangunan megalitik di kampung ini yang berasal dari jaman batu.
Selain itu, Flores juga masih punya tempat wisata berupa taman laut 17 pulau yang merupakan gugusan pulau-pulau di areal kabupaten Ngada. Banyak kegiatan menarik bisa dilakukan di tempat ini, diantaranya wisata bahari ataupun wisata darat.
Belum cukup sampai disana, Flores juga mempunyai wisata penangkapan ikan paus yang sudah menjadi ritual selama berabad-abad. Penangkapan ikan paus ini dilakukan di sekitar Lamalera dan populer di mata para wisatawan internasional.

sumber: pulau.org/wisata-indonesia/pesona-wisata-di-pulau-flores/
Share on Google Plus

About Noemplas