Alat Musik Kabupaten Ngada



Foy Doa Adalah Alat Musik Tradisional Kabupaten Ngada. Kapan Alat Musik FOY DOA Ini Pertama Kali Dibunyikan Atau Ditemukan Tidaklah Pasti Dapat Kita Ketahui, Sebab Tidak Satupun Referensi Yang Dapat Dipakai Untuk Memastikan Usia Alat Musik Yang Satu Ini. FOY DOA Artinya Kurang Lebih Adalah Suling Ganda Atau Suling Berganda. FOY DOA Ini Terbuat Dari Bambu Kecil Yang Dalam Pemakaiannya Tidak Seperti Suling Biasa Lainnya Yang Hanya Menggunakan Sebilah Bambu Saja, Melainkan Terdiri Dari 2 Atau Lebih Suling Yang Digandeng Dan Digunakan Secara Bersama-Sama. Hal Ini Mengakibatkan Nada Dari Suling Ini Bisa Sebagai Nada Tunggal (Bunyi Suling Tinggal) Dan Bisa Juga Nada Berganda (Bunyi Lebih Dari Satu Suling). Tentunya Tergantung Keinginan Dari Pemain FOY DOA Itu Sendiri.
 Awalnya Alat Musik FOY DOA Ini Digunakan Secara Tunggal Tanpa Alat Musik Lainnya Dalam Membawakan Sebuah Lagu Atau Nyanyian, Namun Dalam Perjalanannya Alat Musik Ini Kemudian Dibawakan Dengan Menggunakan Alat Musik Lainnya Secara Bersama-Sama. Alat Musik Lainnya Yang Sering Digunakan Bersama Ini Antara Lain Adalah Laba Dera Atau Laba Toka. Selain Kedua Alat Musik Tadi Masih Ada Juga Beberapa Jenis Alat Musik Yang ternyata Juga Sering Digunakan Sebagai Pengiring Alat Musik FOY DOA Yaitu Tobo (Thobo) Atau Sowito.Beberapa Jenis Alat Musik Pukul Yang Khas Kabupaten Ngada Antara Lain :
 1. SOWITO

 Alat Musik Pukul Khas Kabupaten Ngada Yang Terbuat Dari Bambu. Seruas Bambu Yang Dicungkil Kulitnya Berukuran 2 Cm Yang Kemudian Diganjal Dengan Batangan Kayu Kecil. Cungkilan Kulit Bambu Ini Berfungsi Sebagai Dawai. Cara Memainkan Dipukul Dengan Sebatang Kayu Sebesar Jari Tangan Yang Panjangnya Kurang Dari 30 Cm. Sertiap Ruas Bambu Menghasilkn Satu Nada. Untuk Keperluan Penggiringan, Alat Musik Ini Dibuat Beberapa Buah Sesuai Kebutuhan.
 2. THOBO

 Alat Musik Khas Kabupaten Ngada Yang Terbuat Dari Bambu. Seruas Bambu Betung Yang Buku Bagian Bawahnya Dibiarkan, Sedangkan Bagian Atasnya Dilubangi. Cara Memainkannya Adalah Dengan Ditumbukan Ke Lantai Atau Tanah (Seperti Menumbuk Padi). Alat Musik Ini Berfungsi Sebagai Bass Dalam Mengiringi Musik Foy Doa
Sumber :http://www.nttuweb.com/ntt/ngada/profil-ngada.php
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share on Google Plus

About Noemplas