Tarian dari Kabupaten Flores Timur

                 


Tari Hedung
 
     ( Tarian Hedung Tarian Asal Lamaholot - Adonara Timur )
 
Hedung adalah uangkapan dari Nedung yang artinya menang, bagi Flores Timur kuasa colonial dengan plitik adu domba sering mendatangkan pertikaian yang berujung pada perang tanding antar desa (Lewo) atau antar suku, bagi yang menang perang akan kembali dengan membawa kepala lawannya atau barang lain sambil menari. Ungkapan kemenangan para pejuangnya akan dijempput oleh penduduk kampong dengan bunyi-bunyian dengan taria-tarian penjemputan. Hedung merupakan tariian yang tersebar hampir disetiap desa seluruh wilayah Flores Timur (Lamaholot). Nama yang sama tapi memiliki perbedaan baik ritme musik, pola gerak kaki dan penggunaan kostum dan aksesorisnya. Ditarikan oleh Laki-laki dan perempuan. Kostum : Sarung Tenun Asli (Nowing/Senai/Krio) bagi Laki-laki, dna Perempuan Kewatek. Perlengkapan lain : Geba/Selendang, parang, lembing, busur panah. Aksesoris kepala : Kenobo dari daun lontar/kelapa anyaman dan nidok.

Tari Muro Ae’

Asal Larantuka. Dilakukan pada saat penyambutan Tamu agung kerjaan, dalam perkembangananya tari Muro Ae’ masuk dalam rangkaian acara perkawinan (jemput dan antar pengantian) Ditarikan oleh Kaum wanita (Gadis). Peralatan yang digunakan : Bila/Viola, gitar, ukulele/juk, dan gendang yang merupakan peninggalan Portugis, dengan iringan lagu Lu E. Kostum : Sarung Lebao, Lewolere, Waibalun, dengan kebaya atas putihPerllengakapan lain : Saputangan selendang warna putih selendang saraung tenun ikat.

Tari Bajo

Asal Larantuka dan sekitarnya. Organisasi Pewaris: Lima Pai, Waibalun, Pantai Besar, Lokananta, Sarotari, Wure. Tari Bajo keberadaanya sejak pendudukan Bangsa Portugis di Larantuka Abad 16/17. Tarian ini tumbuh, hidup dan berkembang dalam acara adat perkawinan orang Larantuka (Nagi) dimana saling menghormati dalam ruang adat Opu Blake, tari Bajjo juga sering disebut Opu Blake, ditarikan dalam acara sambut tamu ditarikan oelh pria dan wanita berpasangan. Perpasangan Musik yang digunakan : Biola/viola,gitar, ukulele/juk.

Tari Liang Namang

Asal Daerah Lebao Tanjung-Waibao-Flores Timur. Liang adalah nyanyian yang dilantunkan oleh penyair, Namang adalah hentakan datau gerakkan. Liang Namang adalah narasi yang dinyanyikan dan disertai dengan gerakan atau hentakan. Lagu dan syair yang dipilih disesuaikan dengan kepentingan pertunjukkan, pesta kampong dan penerimaan tamu atau hiburan lepas.

Share on Google Plus

About Noemplas