Kampung Tradisional Tua Be'a

Kampung Be’a terletak di desa Be’a Pawe, Kecamatan Golewa. Jarak dari Kota Bajawa ± 15km dan dapat ditempuh sekitar 30 menit perjalanan.Di kampung ini terdapat belasan rumah adat. Rumah keluarga inti laki-laki dinamakan sakalobo, berupa patung pria di atas rumah yang memegang parang dan lembing.
Sementara itu, rumah keluarga inti perempuan disebut sakapu’u. Anda juga akan melihat banyak tanduk kerbau, rahang dan taring babi dipajang menggantung berderet di depan rumah sebagai lambang status sosial orang Bena. Tanduk, rahang, dan taring babi tersebut berasal dari hewan-hewan yang dikorbankan oleh masing-masing suku saat upacara adat.
Ngadhu menjadi simbol nenek moyang laki-laki. Ngadhu adalah rumah berpayung dengan satu tiang kayu yang diukir. Ngadhu yang beratap serat ijuk ini memiliki tiang tunggal dari jenis kayu khusus yang keras karena berfungsi juga sebagai tiang gantungan hewan kurban ketika upacara adat. Sedangkan Bhaga adalah simbol nenek moyang perempuan. Bhaga berupa miniatur rumah adat.
Di samping itu, anda dapat menikmati keindahan air terjun Bhetopadhi yang dikelilingi oleh hutan bambu yang merupakan sumber air bagi penduduk di sekitarnya.
Tidak jauh dari air terjun Bhetopadhi, anda dapat menuju Manulalu sebagai tempat pandang (gardu pandang). Anda dapat melihat pemandangan alam yang luar biasa. Hamparan gunung Inerie, kampung Bena dari kejauhan, bukit dan hutan yang hijau dengan latar belakang laut Sawu dapat dilihat dengan jelas.
Dari Kampung Be’a juga anda dapat melakukan aktivitas trekking selama ±1 jam menuju Air Terjun Waeroa melintasi Kampung Tude kemudian menuju pemandian air panas Malanage.

Aktivitas
Untuk menjelajah obyek wisata ini dapat dilakukan sendiri ataupun menghubungi guide lokal di Bajawa.
Akomodasi
Anda dapat menginap di Villa Manulalu yang berjarak tidak jauh dari kampung Be’a atau jika anda ingin lebih lama merasakan suasana kampung, anda bisa menginap di rumah-rumah penduduk yang pasti dengan ramah akan mempersilahkan anda.
Kuliner
Tidak ada tempat makan di sekitar lokasi, disarankan anda membaya makanan ringan sendiri. Anda harus ke Bajawa jika ingin mencari tempat makan. Camelia Restaurant, Lucas Restaurant dan Ditos menjadi rekomendasi kami.
Transportasi
Untuk mencapai lokasi ini, anda dapat menggunakan angkutan umum jurusan Bajawa-Mangulewa-Warikeo. Anda juga dapat menggunakan jasa ojek atau travel.


Share on Google Plus

About Noemplas

0 komentar:

Posting Komentar