Kampung Tradisional Gurusina di Kabupaten Ngada

Gurusina merupakan salah satu kampung adat yang terdapat di Kabupaten Ngada. Terletak di Kecamatan Jerebuu dengan jarak 16k m dari Aimere dan 21 km dari Ibukota Bajawa. Keunikan perkampungan adat Gurusina ini misalnya, selain dilatari dengan gunung Inerie, juga dalam lokasi pemukiman, seluruh rumah adat terbuat dari bambu dan atap alang-alang.
Sedangkan di beberapa rumah induknya, terdapat hiasan rumah di atas atapnya. Hiasan rumah di atas atap ini menandakan bahwa rumah adat ini merupakan rumah adat utama. Pada bagian depan setiap rumah adat juga, terdapat pajangan tanduk kerbau. Tanduk kerbau ini menandakan kejayaan dan kebesaran akan harta dan kekayaan setiap warga penghuni rumah adat di sini.
Keunikan lainnya pada rumah adat ini ialah, di setiap pintu utama tepatnya di bagian atas pintu masuk depan, diberi ukiran kayu dengan nama rumah. Lantai rumahnya pun tanpa semen, melainkan menggunakan pelepah bambu. Di setiap papan penyangga lantai terdapat ukiran berbentuk bungan dan binatang.
Di bagian tengah perkampungan adat Gurusina ini, terdapat tiga buah rumah kecil, yang bahan bangunannya sama persis dengan bahan bangunan rumah adatnya. Fungsi dari ketiga rumah ini, adalah sebagai tempat penyimpanan harta benda serta kekayaan suku Gurusina.
Di tengah perkampungan ini juga terdapat tiga buah lopo yang dipercaya warga kampung Gurusina sebagai tempat peristirahatan para leluhur mereka. Di kampung adat ini setiap warga lansia, sehari-hari mempunyai pekerjaan khusus, diantaranya memecahkan buah kemiri dan menjemur hasil bumi lainnya di halaman rumah.
Untuk menjelajah kampung ini, anda dapat menghubungi Bapak Aloysius Dopo sebagai ketua Forum Pengembangan Pariwisata Daerah dengan nomor Hp 085253248239.
Di sekitar obyek wisata ini tidak terdapat penginapan namun jika anda ingin menginap anda bisa menghubungi penduduk kampung untuk menginap di rumahnya.
Tidak tersedia tempat makan di sekitar obyek wisata ini sehingga anda harus membawa makanan sendiri.
Untuk menjangkau obyek wisata ini anda dapat menggunakan angkutan umum dengan rute Bajawa-Jerebuu namun jadwalnya tidak reguler sehingga anda mempunyai pilihan lain seperti menggunakan jasa travel atau ojek maupun kendaraan pribadi.

http://tourism.nttprov.go.id/objek/307-kampung_gurusina
Share on Google Plus

About Noemplas

0 komentar:

Posting Komentar